UNBK

Hari ini, Selasa, 27 November 2018, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merilis Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019. Keputusan ini ditetapkan dalam Surat Keputusan BSNP Nomor Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi UN dan Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi USBN. 

Fungsi Kisi-kisi tersebut adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian, baik soal USBN maupun soal UN. Kisi-kisi disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

Menurut Bambang Suryadi Ketua BSNP, kebijakan USBN dan UN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN dan UN tahun 2018. Perbedaan ada pada jumlah peserta dan jadwal ujian.

“Bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Masih ada soal dari Pusat sebanyak 20-25 persen untuk USBN, sedangkan untuk soal UN, 100 persen disiapkan oleh Pusat”, ucapnya seraya menambahkan penerapan soal yang berorientasi pada penalaran atau Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Kisi-kisi  USBN danUN  dapat diunduh di laman:

https://s.id/Kisi-kisi-USBN-2019

https://s.id/Kisi-kisi-UN-2019

Dengan adanya kisi-kisi USBN dan UN ini, diharapkan para guru di masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran untuk persiapan ujian. Terkait dengan pelaksanaan USBN dan UN, BSNP akan segera merilis POS USBN dan UN dalam waktu dekat ini, dengan mempertimbangkan masukan dari direktorat terkait. POS tersebut  merupakan ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan USBN dan UN.

UKK 2018

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. UKK dilaksanakan oleh satuan pendidikan dalam bentuk ujian praktik yang menguji aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap pada 1 event.

UKK dapat dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi, dan/atau perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Tempat-tempat uji kompetensi. Satuan pendidikan yang menyelenggarakan UKK harus dinyatakan layak sebagai tempat uji kompetensi oleh koordinator Ujian Nasional Tingkat Provinsi atau Lembaga Sertifikasi Profesi. Sebagaimana tahun sebelumnya, nilai UKK akan diperhitungkan sebagai Nilai Ujian Sekolah untuk mata pelajaran kompetensi kejuruan.

Perangkat UKK yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersifat terbuka dan peserta uji dapat berlatih menggunakan perangkat ujian tersebut sebelum pelaksanaan ujian. Secara umum perangkat Uji Kompetensi Keahlian terdiri atas :

  1. Soal Praktik Kejuruan (SPK) adalah berupa penugasanbagi peserta uji untuk membuat atau proses dan mengerjakan suatu produk/jasa

  2. Pedoman Penilaian Soal Praktik (PPsp) adalah instrumen yang digunakan untuk pemberian skor setiap komponen penilaian. Lembar penilaian memuat komponen penilaian, sub-komponen penilaian, pencapaian kompetensi, dan kriteria/rubrik penilaian.

  3. Instrumen Verifikasi Penyelenggara Ujian Praktik Kejuruan (InV) adalah instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan satuan pendidikan atau institusi lain sebagai tempat penyelenggaraan ujian Praktik Kejuruan. Instrumen verifikasi memuat standar persyaratan peralatan utama, standar persyaratan peralatan pendukung,standar persyaratan tempat/ruang serta memuat persyaratan penguji yang terdiri atas penguji internal dan eksternal

Adapun dokumen yang dapat diakses secara publik adalah :

  1. Instrumen Uji Kompetensi Keahlian
  2. Instrumen Verifikasi Tempat Uji Kompetensi Keahlian
  3. Panduan Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian

Mulai tahun pelajaran 2018/2019, Ujian Nasional Teori Kejuruan tidak lagi menjadi bagian Uji Kompetensi Keahlian sehingga nilai Ujian Nasional tidak lagi diperhitungkan dalam nilai Uji Kompetensi Keahlian melainkan hanya untuk Sertifikat Hasil Ujian Nasional. Kisi-kisi Ujian Nasional Teori Kejuruan dapat diunduh DI SINI

APLOAD

Pada tanggal 12 dan 13 Desember 2018, SMK Negeri 2 Tamiang Layang menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan O2SN dan FL2SN SMK untuk tingkat Kabupaten Barito Timur. Acara ini digagas oleh MKKS SMK Se-Kabupaten Barito Timur dengan maksud dan tujuan untuk menjalin tali silaturahmi antar guru dan siswa SMK di Kabupaten Barito Timur dan juga sebagai ajang seleksi untuk mencari kandidat peserta O2SN dan FL2SN tingkat Provinsi Kalimantan Tengah pada tahun 2019.

Dalam pembukaannya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur Bapak Perkadi, S. Pd. MAP,. mewakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah menyampaikan sambutan dan sekaligus membuka acara ini secara resmi. Dalam sambutannya diharapkan kegiatan ini dapat melahirkan bibit atlit yang profesional pada bidangnya masing-masing dengan cara fokus pada satu cabang olahraga atau seni yang diminati. Selain itu beliau juga menekankan pada generasi muda khusunya siswa-siswi SMK untuk menjauhi Narkoba dan pergaulan bebas.

APLOAD1

Kegiatan ini dilaksanakan seluruhnya dilapangan olahraga SMK Negeri 2 Tamiang Layang dan Gedung Olahraga terdekat bagi cabang olahraga yang memerlukan persyaratan khusus dan memperlombakan 11 cabang olahraga dan 3 cabang seni yang terdiri dari catur, atletik, volly ball, basket ball. futsal, tenis meja, bulu tangkis, karate, pencak silat, tari tradisional, akuistik dan vocal solo.

Motto dalam kegiatan O2SN dan FL2SN ini adalah "Persahabatan Utama, Prestasi Yes" dengan harapan dalam bertanding tetap menjaga kebersamaan dan persahabatan.

Keluarga besar SMK Negeri 2 Tamiang Layang mengadakan perayaan Natal di Gereja Imanuel pada tanggal 10 Desember 2018. Tema Perayaan Natal pada tahun ini sesuai dengan Tema yang diberikan oleh PGI yaitu “Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita (1 Korintus 1 : 30a)” berdasarkan tema tersebut maka keluarga besar SMK Negeri 2 Tamiang Layang memberikan Sub Tema “Hikmat Yesus Kristus menjadikan Keluarga Besar SMK Negeri 2 Tamiang Layang sebagai Berkat bagi semua ciptaanNya” dengan harapan kita semua warga SMK Negeri 2 Tamiang Layang dapat menjadi Berkat bagi semua orang dengan hikmat yang diberikan oleh Tuhan.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh SMK Negeri 2 Tamiang Layang sebagai bentuk Perayaan Hari besar Agama yang dapat membina Iman dan Ketakwaan kita kepada Tuhan Yesus Kristus, memupuk tali persaudaraan dan kasih akan sesama sesuai dengan ajaran Tuhan Yesus Kristus.

Perayaan Natal ini juga dihadiri oleh Perwakilan Kepala Dinas Pendidikan Barito Timur, Pengawas SMK Negeri 2 Tamiang Layang, Ketua Komite SMKN 2 Tamiang Layang , para undangan perwakilan dari sekolah-sekolah lain dan Pdt. Asri Romi, M yang membagikan berkat rohani melalui Firman Tuhan Yang disampaikannya.

NATAL 2018

Acara Perayaan Natal SMK Negeri 2 Tamiang Layang ini berlangsung dengan hikmat dan Meriah. Semoga Damai Natal dan Kasih Tuhan selalu menjadikan kita pribadi-pribadi yang berhikmat dan memberkati orang lain. Selamat Natal 25 Desember 2018 dan menyongsong Tahun Baru 1 Januari 2019

By Tanti Haryani, S. Th

BIMTEK MKKS SMK KALTENG

Dalam rangka peningkatan kompetensi Kepala Sekolah SMA/ SMK dan SLB dalam memahami dan melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah sebagai Manajer disetiap sekolahnya masing-masing maka Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis khusus bagi pengurus MKKS masing-masing  dari 13 Kabupaten dan 1 Kota. Dalam sambutannya Bapak Kepala Dinas Pendidikan mengharapkan seluruh kepala sekolah memiliki komptensi dan pemahaman yang sama terhadap tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan apa yang telah digariskan oleh PERMENDIKBUD Nomor 6 tahun 2018 tentang Penugasan Guru Sebgai Kepala Sekolah.

Dalam kegiatan ini nara sumber yang menyampaikan adalah narasumber dari Pengawas Pendidikan Provinsi Kalimatan Tengah yaitu  Bapak I Wayan Sarman, M.Pd, Bapak Drs. Harmistayadi, M. Si dan Bapak Anwar Sadad, M. Pd. Materi yang disampaikan adalah:

  1. Kompetensi Guru dan Kepala Sekolah
  2. Tugas Manajerial Kepala Sekolah
  3. Pengembangan Kewirausahaan Sekolah
  4. Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan
  5. Penilaian Kinerja Guru dan Kepala Sekolah
  6. Penilaian Prestasi Kerja Guru dan Kepala Sekolah

Metode yang diterapkan dalam kegiatan  Bimbingan Teknis ini adalah dengan sistem Paparan Materi oleh narasumber, Forum Group Discussion (FGD) dan presentasi hasil FGD.

Halaman 1 dari 2

Hak Cipta © 2019 SMKN 2 Tamiang Layang Kab. Barito Timur - Prov. Kalimantan Tengah