Evaluasi Program TAKOLA SMK Prov. Kalimantan Tengah

5 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (1 Vote)

 WhatsApp Image 2019 08 29 at 09.08.50

Dinas Pendidikan  Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan Evaluasi program Tata Kelola SMK untuk seluruh SMK di Provinsi Kalimantan Tengah. Ada 2 nara sumber dari Direktorat Pembinaan SMK yang dihadirkan yang menangani aplikasi Takola yaitu Bapak Robi Cahyadi dan Ibu Mila.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mensinergikan visi dan misi Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah terhadap input, proses, output dan outcome dari program Tata Kelola yang menitik beratkan pada penyaluran bantuan sarana dan prasarana pada jenjang SMK. Karena menurut laporan Kasi Sarana dan Prasarana SMK Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah Ibu Dr. Amelia Heni Saputri, SE, M. Pd, masih ada beberapa SMK di Provinsi Kalimantan Tengah masih belum menyelesaikan Laporan bantuan yang diterima. Beliau mengingatkan kepada seluruh Kepala SMK untuk menyelesaikan Laporan tersebut baik secara langsung kepada kepala sekolah yang hadir maupun melalui ketua MKKS masing-masing Kabupaten.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah dalam sambutannya menekankan agar seluruh komponen sekolah yang dimanajeri oleh Kepala Sekolah untuk dapat bersinergi dalam menyukseskan Inpres nomor 9 tahun 2016 tentang revitalisasi SMK.

Dalam Tata Kelola, beliau menambahkan terhadap Bantuan Pemerintah yang sudah diterima jangan lupa untuk menggunakannya dengan baik dan semaksimal munkin tentunya dengan tetap berpegang pada Petunjuk Oprasional Standar masing-masing alat tersebut, agar siswa-siswi SMK menjadi cakap dan trampil. Beliau juga mengingatkan untuk tidak lupa untuk menyelesaikan Laporan Pertanggungjawaban kepada pemberi bantuan baik Direktorat Pembinaan SMK maupun Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah dengan menguploadnya pada Aplikasi Takola di link http://takola.ditpsmk.net/ atau http://psmk.kemdikbud.go.id/takola.

Dalam hal pengajuan program bantuan melalui Program Takola maka masing sekolah melalui operator dan bagian sarana prasarana untuk dapat rutin mengupdate data sarprasnya di Aplikasi Takola yang diawasi dan divalidasi oleh kepala Sekolah.

Selain Evaluasi Program Tata Kelola juga sosialisasi E-RKAS, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah menyambut baik dan diwajibkan semua sekolah menerapkannya demi terwujudnya transparansi dan akuntabel  pengelolaan pembiayaan pendidikan.

Kepala sekolah dalam hal pengelolaan pembiayaan pendidikan diharapkan berpegang teguh kepada peraturan-peraturan yang berlaku, agar tidak terjadi penyimpangan dan kesalahan dalam implementasinya dilapangan. Terkait dengan pungutan sumbangan dana pendidikan sebagaimana surat edaran yang sudah dikeluarkan maka diharapkan dilaksanakan sesuai dengan petunjuk yang telah ditetapkan. Sedangkan optimalisasi Komite Sekolah Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah mengharapakan dapat membantu dan menjembatani kebutuhan-kebutuhan sekolah dari sumber-sumber pihak ketiga dengan berdasarkan RENSTRA dan RKAS yang telah disepakati.

Senada dengan sambutan dan arahan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, dua nara sumber juga lebih menjelaskan bagaimana tata cara pengajuan, validasi usulan bantuan melalui Takola dan juga menjawab beberpa pertanyaan peserta pada forum diskusi.

Dengan kegiatan ini para peserta lebih dapat memahami alur kerja Takola, dan harapn kedepan setiap sekolah dapat memaksimalkan aplikasi ini sehingga penghematan waktu, biaya dan transparansi pengajuan bantuan sarana prasana dapat terwujud.

 

Hak Cipta © 2019 SMKN 2 Tamiang Layang Kab. Barito Timur - Prov. Kalimantan Tengah