Langsung Praktik, Lulusan SMK Justru Lebih Terampil

1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)

Langsung Praktik Lulusan SMK Justru Lebih Terampil

TAMIANG LAYANG - Pendidikan vokasi atau kejuruan saat ini makin diminati dan diapresiasi. Bukan sekadar teori, tetapi ilmu vokasi langsung diterapkan dengan praktik lapangan. Hal itulah yang membuat lulusan kejuruan lebih terampil.

Siswa SMK lebih fokus memelajari bidang kejuruan atau ilmu vokasional salah satunya cara memulai berwirausaha.

Para lulusan sekolah kejuruan diklaim jauh lebih terampil dan siap tembus ke pasar kerja. Keyakinan itu ditegaskan dalam seminar dan workshop bertema 'Raih Sukses Tanpa Batas' di SMK Sint Joseph yang berlokasi di Jalan Kramat Raya 134 Jakarta Pusat, Minggu (15/7).

Seminar yang dihadiri alumni dan siswa SMK Sint Joseph, orang tua murid serta masyarakat mengajak lulusan SMK untuk optimis dan percaya diri.

"Pendidikan kejuruan mengutamakan keterampilan siswa, mempertahankan konsentrasi pembelajaran praktik dan mengorganisir proses pembelajaran teori menjadi lebih efektif. Kami terus berusaha untuk meningkatkan kualitas siswa agar anak kompeten pada bidangnya dan lulus siap kerja," kata Kepala Sekolah SMK, Dodot Willy Edi Wibowo.

Sementara bagi siswa yang ingin berwirausaha, proses pembekalan dan pengembangan diri untuk siap terjun di dunia usaha diberikan secara matang. Tujuannya guna mencetak generasi muda yang berintegritas, memiliki soft skill dan hard skill yang baik, bertanggung jawab dan kreatif.

"Kami punya tiga jurusan peminatan yaitu Teknik Pemesinan, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor serta Multimedia.
Kami berupaya demi mempersiapkan siswa agar mampu terjun di dunia kerja secara terampil dan tangguh," tegas Dodot.

Pada sesi workshop, Trainer Gapura Digital, Nurina yang juga pemilik bengkel startup serta UPI YAI memberikan pelatihan membuat blog kepada peserta. Materi yang disampaikan dengan cara menarik membuat peserta sangat antusias.

Tak hanya mengikuti acara seminar dan workshop, peserta juga diajak untuk berkeliling menikmati fasilitas penunjang pembelajaran yang ada di sekolah SMK Sint Joseph. Mulai dari ruang musik, lab komputer, lab kimia, ruang robotik, perpustakaan, ruang otomotif, ruang CNC, lapangan olahraga dan lain-lain.

 

Sumber : JawaPos.com

Hak Cipta © 2018 SMKN 2 Tamiang Layang Kab. Barito Timur - Prov. Kalimantan Tengah