MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH

1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)

MPLS

Setiap jenjang pendidikan memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan jenjang pendidikan sebelumnya, kekhususan ini merupakan hal yang wajar dan memang harus dilalui. Hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan cara-cara penyampaian bahan pembelajaran dan materi pendidikan yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan pertumbuhan fisik dan mental psikologis peserta didik.

Adanya ciri khusus pada setiap jenjang pendidikan menyebabkan beberapa kebiasaan belajar yang dikembangkan pada jenjang sebelumnya perlu disempurnakan dan diubah dengan cara belajar yang baru yaitu pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan sesuai perkembangan fisik dan mental psikologis peserta didik.

Berkenaan hal tersebut, maka penyelenggaraan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) perlu dilaksanakan dalam rangka memberikan pengenalan mengenai lingkungan sekolah yang menjadi pilihannya untuk menuntut ilmu, sekaligus sebagai upaya mengenalkan peserta didik baru dengan lingkungan barunya.

Pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru ini dilaksanakan untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, bahwa dalam pelaksanaaan pengenalan lingkungan sekolah bagi siwa baru perlu dilakukan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan. Kegiatan Masa Orientasi Peserta didik Baru di Sekolah yang dahulu pernah dijalankan dan sesuai Permendikbud nomor 55 tahun 2014 pelaksanaannya belum dapat secara optimal mencegah terjadinya perpoloncoan dalam pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah.

Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Peserta didik Baru adalah kegiatan pertama yang dilakukan oleh Peserta didik ketika masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. Sekolah yang dimaksud adalah satuan pendidikan formal yang diselenggarakan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan Masyarakat dalam bentuk sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah mengengah atas, sekolah menengah kejuruan, sekolah pada jalur pendidikan khusus, termasuk satuan pendidikan kerja sama.

Tujuan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru :

  1. Mengenali potensi diri peserta didik baru;
  2. membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah;
  3. menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara elajar efektif sebagai peserta didik baru;
  4. mengembangkan interaksi positif antar peserta didik dan warga sekolah lainnya;
  5. menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan peserta didik yang memilki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

SMK Negeri 2 Tamiang Layang dalam tahun pembelajaran 2021-2022 ini juga melaksanakan MPLS sebagai bagian rangkaian kegiatan PPDB. Kegiatan ini direncanakan dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 12 s.d 14 Juli 2021 dengan menggunakan 2 Moda yaitu moda tatap muka dan moda daring mengingat zona merah di Kabupaten Barito Timur.

Sebelum pelaksanaan pada hari H-nya di adakan kegiatan persiapan dan pembagian kelompok antara daring dan tatap muka terbatas dengan protokol kesehatan ketat yang dilaksanakan pada tanggal 10 Juli 2021 secara bergiliran dan bershift

Sedangkan materi kegiatan adalah pengenalan struktur kurikulum Nasional dan Kejuruan dan cara belajar yang efektif, pengenalan warga dan fasilitas sekolah, Sosialisasi PTM terbatas dan Pencegahan penyebaran Virus Covid-19, Wawasan Kebangsaan dan Kepramukaan, Kesiswaan dan Tata Tertib serta kegiatan eskul-eskul yang dimilki oleh sekolah.

Hak Cipta © 2021 SMKN 2 Tamiang Layang Kab. Barito Timur - Prov. Kalimantan Tengah